Senin, 06 November 2017

TETES DARAH MENGALIRKAN HARAPAN


Sumber Foto : Tribunnews.com

Setiap tetes darah yang mengalir ke tubuh orang lain akan memberi manfaat dan harapan khususnya bagi pasien dan keluarganya, suatu waktu seorang senior menghubungiku dengan harapan agar dibantu mencarikan pendonor untuk keluarganya yang akan operasi di Rumah Sakit wahidin Sudirohusodo makassar,

“Assalamualaikum de’ Ridho, bisa bantu infokan ke teman-temanta’ saya lagi butuh pendonor buat keluarga yang mau operasi trus butuh darah A segera”.

“Waalaikumsalam kak, oh iya kak berapa kantong dibutuhkan? kebetulan saya golongan darah A trus sudah lebih 3 bulan saya belum donor darah”, jawabku kemudian menginformasikan kepadanya kalau saya bisa donor darah untuk keluarganya. Sejak mahasiswa memang sudah rutin donor darah, baik donor langsung saat ada pasien yang butuh, ataupun saat ada kegiatan donor darah yang diadakan organisasi kampus.

“Oh iya de’ kalau gitu saya tunggu bentar habis dhuhur di PMI Lanto Daeng Pasewang nah, sisa 1 orang tambahan karena 2 tadi sudah dapat”, saat itu jam menunjukkan Pukul 11 Siang waktu Makassar.

“oke kak InsyaAllah”

Sehabis salat Dhuhur di masjid Kampus Unhas saya kemudian meluncur ke kantor PMI Makassar di bilangan Jalan lanto Dg Pasewang dengan motor bebek jingga setiaku selama kuliah, sesampai di sana langsung menghubungi senior yang tadi menghubungiku.

“Assalamualaikum kak, adama di depan PMI”

“Waalaikumsalam de’, masukmi, saya adaji di dalam”

Daun pintu kaca riben kemudian saya dorong sesaat setalah senior menyuruhku segera masuk, di dalam sudah ada beliau, bersamanya seorang ibu paruh baya turut menyambutku dengan raut kegembiraan penuh harapan. Dalam waktu yang tidak lama saya akhirnya telah selesai mendonor dan dipersilakan ke ruang sebelah untuk makan alakadar pendonor seperti biasa, susu kotak, mie rebus beserta sebutir telur rebus. Setelah menyantapnya lahap kemudian pamit ke mereka kembali ke kampus karena ada jadwal kuliah.   

“Terima kasih banyak nak, saya tidak tau bagaimanami kalau tidak cukup darah didapat untuk operasi”, kata perempuan paruh baya keluarga seniorku dengan mimik wajah haru penuh syukur.

“iye’ tante, sama-sama, tabe saya jalan dulu, mari kak”, berpamitan sekalian ke senior yang berdiri berdampingan di depan loby kantor PMI.

Setelah dua hari kemudian, seniorku menelepon dan mengucap banyak terima kasih keluarga yang operasi kemarin katanya selamat, operasi oleh tim dokter Rumah Sakit Wahidin berlangsung lancar. Saya mengucap syukur Alhamdulillah, di lubuk hati membuncah kepuasan bathin telah menjadi bagian dari ikhtiar keluarga menyelamatkan jiwa pasien.


Sumber Foto : wn.com


Cerita di atas adalah pengalaman saya kala masih berstatus mahasiswa di Univesitas Hasanuddin, persoalan ketersediaan cadangan darah di Indonesia khususnya di Kota Makassar mengharuskan keluarga pasien turun tangan mencari pendonor demi menyelamatkan jiwa pasien, setiap tetes darah begitu berarti bagi harapan hidup pasien. Donor darah selain membantu pasien juga bermanfaat menjaga kesehatan bagi pendonor, ini dikarenakan setelah donor, volume darah akan berganti kurang dari 48 jam, dan darah yang baru akan lebih segar dan tentunya membuat tubuh lebih sehat.

Bagi pasien yang membutuhkan, mendapatkan donor darah 200-450 ml dapat menyelamatkan nyawa pasien. Ada beberapa kondisi pasien yang membutuhkan donor darah, seperti kecelakaan, transplantasi organ, serta yang memiliki penyakit kronis dan kritis seperti kanker, anemia, dan lain sebagainya

Ketersedian darah di Indonesia yang jauh dari angka ideal menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darah masih rendah, Pengetahuan tentang manfaat donor darah yang minim menjadi salah satu penyebab rendahnya kegiatan sosial donor darah mengakar di masyarakat. Padahal manfaat donor darah ternyata bukan hanya pada penerima, tetapi juga bagi pendonor sendiri. Terutama bila mendonorkan darahnya secara rutin dan berkala, biasanya minimal 3 bulan rentang waktu berkala dilakukan donor darah.

Donor darah sangat bermanfaat bagi kesehatan di mana kesehatan kita ketahui merupakan kebutuhan dasar manusia, maka dari itu pemerintah harus mendorong kemajuan masyarakat dengan menggalakkan kegiatan yang mengedukasi masyarakat hidup sehat khususnya donor darah, selain itu pihak swasta tak boleh ketinggalan untuk berkontribusi nyata dalam masyarakat berkemajuan di bidang kesehatan.

Pentingnya kesehatan bagi masyarakat membuat Astra Group Makassar, kumpulan anak perusahaan PT Astra International Tbk yang berafiliasi (affiliated company atau Affco) punya program kesehatan khususnya di Kota Makassar. Program kesehatan adalah bagian penjabaran dari Public Contribution Roadmap Astra yang berkontribusi dalam pembangunan masyarakat.

Sumber Foto : Rakyatku.com


Hadirnya sektor swasta turut andil dalam pembangunan masyarakat khususnya kesehatan, membawa angin segar dalam peningkatkan kesejahteraan, di mana kesehatan dalam perspektif kebutuhan dasar masyarakat begitu berpengaruh dalam menjalani keseharian, bekerja dan dalam kehidupan sosial, yang tak lain menjadi bagian dalam peningkatan sumber daya manusia yang sehat jasmani dan rohani.

Salah satu program yang diladakan Astra di tengah-tengah masyarakat makassar adalah donor darah yang sudah rutin saban tahun dilaksanakan, bahkan hampir semua anak perusahaan rutin mengadakan kegiatan donor darah. Donor darah biasanya merupakan rangkaian kegiatan Astra dalam program kesehatan  digelar sebagai salah satu bentuk Corporate Social Responsiblity (CSR) Astra, biasanya menjadi rangkaian perayaan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) PT. Astra beberapa tahun belakangan.

Sumber Foto : isuzu-astra.com

Pada tahun 2017 ini, Astra genap berusia 60 tahun. Beberapa rangakaian kegiatan pun kembali mengagendakan donor darah di Makassar, menurut informasi aksi donor darah Astra akan dilaksanakan pada Hari Minggu, Tanggal 12 November 2017, bertempat di Pletaran Bank Permata Sudirman. Rencananya kegiatan akan berlangsung mulai Pukul 6:30 Wita.
Donor darah menjadi salah satu langkah ril bagi Astra ikut andil dalam meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya karyawan perusahaan untuk hidup sehat dengan donor darah, dan berkontribusi menambah persediaan darah di Kota makassar.


Kesehatan sebagai salah satu pilar CSR Astra menunjukkan bagaimana perusahaan menyadari bahwa kesehatan masyarakat sangat penting untuk menunjang keberlanjutan, baik individu, perusahaan, dan negara. Hal ini diimplementasikan dalam bentuk bantuan peningkatan kesehatan berupa beberapa program yang dilaksanakan Astra Grup.


Tulisan Ini Diikutkan Pada Lomba Blog Inspirasi 60 Tahun Astra
#Astra60Makassar

7 komentar:

  1. CSR Astra benar-benar masuk di segala bidang yaaa. Baik itu kesehatan, UKM dan masih banyak lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, alhamduLillah Astra salah satu perusahaan yg punya program CSR langsung dirasakan masyarakat...

      Hapus
  2. Inspiratif. Semoga ditiru oleh anak-anak muda lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, insyaAllah... Donor darah sangat bermanfaat juga bagi pendonor...

      Hapus
  3. Aamiin..semoga di usia ke 60 ini Astra semakin mantap bersinergi dengan rakyat untuk memajukan kesehatan di Makassar dan menjadi inspirasi bagi banyak orang.. Aamiin

    BalasHapus
  4. 1 tetes darah kita sangat berharga bagi orang lain. luar biasa perjuangan Astra untuk kegiatan donor darah ini

    BalasHapus
  5. Satu yang belum saya lakukan dan pengen sekali melakukannya, yaitu donor darah. Sampai sekarang belum terwujud juga niat itu.

    BalasHapus